Posted in experience

Idul Adha

Aku selalu ingin mengabadikan momen-momen dalam hidupku dengan sebuah tulisan. Di saat aku merasa sedih aku otomatis menulis. Entah itu menulis di kertas ataupun mengetik di hp atau laptop. Begitu juga saat aku bahagia, aku ingin sekali menuliskan kebahagiaanku agar memori itu tidak hanya sebuah memori namun juga dapat menjadi sesuatu yang selalu dikenang melalui tulisan.

Nah, kali ini aku ingin berbagi kebahagiaan dengan kalian. Berbagi cerita dan berbagi pengalaman.

14 Oktober 2013 kemarin, pukul 10.30 aku beserta panitia qurban FK UGM 2013, sudah siap di ibnu sina tercinta dan mulai packing alat-alat untuk baksos. Kami berencana pergi ke lokasi yaitu desa kombang pukul 12.15 dan ternyata ngaret menjadi jam 2. Perjalanan ke sana lancar dan luruuuus, hingga akhirnya kami sampai di gerbang untuk masuk ke desa tersebut. Namun, sayangnya bus yang kami tumpangi tidak bisa melewati gerbang tersebut dikarenakan tingginya bus dan rendahnya batas atas di gerbang tersebut.

Alhasil, kami turun di pinggir jalan, membawa alat-alat baksos. Kami jajarkan barang-barang itu di pinggir jalan dan otomatis kami menjadi tontonan siapapun yang melewati jalan itu. Ada sih keinginan untuk menyetop mobil yang lewat biar barang-barang kami bisa mereka tolong bawain ke desanya, tapi akhirnya anak cowoknya dateng pake motor dan kami minjem mobil kepala desa. Oh ya, motornya ada 3 dan aku jadi ngojekin anak-anak lain yang pada nunggu di gerbang, karena jalan ke desanya lumayan jauh ditambah lagi dengan teriknya matahari yang menyengat.

Setelah itu kami ramah tamah dengan penduduk desa dan pergi ke tempt Pak Haji, di sana tempat para akhwat menginap. Malemnya aku ghina sama nade ikut keliling takbiran, oh ya sebelum itu juga ada acara ceramah, pake bahasa jawa yang aku ga ngerti ______- oke jadi aku makan aja dan pura-pura ketawa kalo orang ketawa, ketawa garing gitu HA HA HA Nah baru abis itu aku jalan ikut takbiran, ternyata jalannya curam, menanjak, menurun, inget LDK deh, itu malem-malem, kami bawa obor jalan gelap dan kami terus mendaki eh salah berjalan deh. Asik banget pokoknya walaupun kami harus rela mandi keringat (tepatnya aku sih) hehe. Pulangnya kami foto-foto dulu di lapangan masjidnya sama obor itu terus pulang ke rumah Pak Haji. Aku coba belajar pake tab Nadia, tapi aku ketiduran kalo ga salah itu udah jam 12 lewat.

Keesokan harinya, aku, Nadia sama Ghina menjadi 3 orang yang paling telat bangunnya. Aku sempet kebangun jam setengah 3 sih, ngeliat Hanifah sama Uma udah bangun terus aku nanyain mereka jam berapa dan tidur lagi.  jangan dicontoh ya. Kami solat subuh berjamaah baca Al Matsurat. Bagi yang belum tau Al Matsurat itu adalah zikir pagi dan petang (aku aja baru tau sih). Selama ini aku punya aplikasi Al Matsurat tapi ga pernah aku baca. Waktu aku donwload aku kira itu cuma kumpulan doa-doa aja eh ternyata itu zikir pagi dan petang. Kami mandi dan pergi ke masjid buat solat Idul Adha.

Alhamdulillah. Sungguh nikmat mana lagi yang aku dustakan. Aku benar-benar bersyukur bisa solat Idul Adha bareng temen-temen panitia qurban lainnya. Soalnya aku mikirnya kalo aku ga jadi panitia Idul Adha mungkin aku bakal bingung mau solat Idul Adha di mana terus ga ada kegiatan juga abis solat idul adha, paling cuma diem di kosan belajar buat CBT. Nah beda banget dengan di sini. Aku seneng banget deh pokoknya bisa jadi panitia qurban.

Acara hari ini, 15 Oktober 2013, hari Idul Adha adalah pemotongan hewan Qurban, perlombaan anak-anak, serta makan bersama. Seusai solat Idul Adha, dilanjutkan dengan khotbah yang (lagi-lagi) pake bahasa Jawa yang aku ga ngerti. Apalagi ini bahasa Jawanya yang halus, apa namanya, iya itu kromo inggil ya (bener gak sih?) Kami pulang ke rumah buat sarapan dan tak lupa kami sempatkan untuk berfoto bersama indahnya pemandangan di desa itu. Pemandangannya bagus banget lah! Ada sawahnya, gunungnya, sungainya juga masih jernih, pokonya masih suasana pedesaan yang masih asri banget!

Setelah itu kami balik lagi masjid buat liat pemotongan hewan Qurban. Sedih liat hewan Qurbannya dipotong. Tapi itu emang kewajiban umat Islam sih, juga buat meneladani Nabi Ismail yang rela dirinya dipotong namun karena kerelaannya itu, akhirnya Nabi Ismail digantikan Allah dengan hewan Qurban hingga terciptalah kegiatan pemotongan hewan Qurban ini di Hari Raya Idul Adha. Sempet juga aku liat sapinya nangis yang beneran netesin air mata waktu digiring ke tempat pemotongan :’) Dalam proses pemotongan sapi ini aku cuma jadi penonton dan pemakan konsumsi.

Nah, ini dia lagi acara yang seru. Perlombaan anak-anak. Ada lomba Adzan, lomba menggambar dan lomba hafalan surat-surat pendek. Saat lomba menggambar aku keliling nanyain nama adek-adeknya buat ditulis di kertas gambarnya, terus aku juga nemenin mereka. Lucu banget deh pokoknya. Ada yang langsung ngegambar gunung matahari gunung (ternyata masih jaman ya gambar ginian), ada yang gambar kaligrafi, ada yang gambar awan, ada juga yang gambarannya saking bagusnya gambar abstrak. Kemudian lomba hafalan surat-surat pendek aku ikut ngembimbing (ngejuriin) kategori anak-anak umur 7 tahun ke bawah, Alhamduillah mereka udah bisa hafalan surat-surat pendek walapun memang ga banyak yang mereka hafalin. Tapi semoga aja semakin dewasa semakin berkembang hafalan surat-surat pendeknya. Sekalian buat pengingat aku juga nih untuk terus semangat ngafalin surat-surat pendek. Terus kalo lomba adzan urusan yang ikhwan. Oh ya, di sini aku nemuin anak yang imuuuuut banget kayak aku. Dan lucunya lagi kakaknya pake baju big sister adeknya pake baju tulisannya little sister. Pokoknya mereka semua lucu-lucu deh kayak aku

Setelah lomba selesai, kami makan-makan. Makanannya ya daging sapi dan kambing (sekalian perbaikan gizi). Daging-dagingnya ditongseng, tapi menurut aku itu kayak di gulai. Yang pasti lancar dimakan :9 Pukul 12 kami solat zuhur, foto bersama seluruh panitia terus melanjutkan perjalanan pulang. Oh ya yang ini juga harus diinget, gara-gara panitia qurban ini terbentuklah KGPJ (yang ini sebenernya ga penting, cuma buat ngingetin tanggal terbentuknya KGPJ aja hahahaha)

20131015_094436

Selamat Hari Raya Idul Adha

-Sania Rifa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s