Mampukah Saya?

Pertanyaan inilah yang kadang menyita waktu saya, memikirkan jawaban yang tepat. Mencari-cari alasan atas jawaban yang saya pikirkan. Jawabannya bisa : mampu; tidak mampu; atau bisa jadi.

Mampukah saya?

Mungkin kalian bertanya mampu dalam hal apakah yang saya tanyakan itu. Namun, kali ini saya tidak ingin berbagi hal tersebut, jadi biarlah itu menjadi sebuah pertanyaan singkat.

Dalam mengerjakan sesuatu, terkadang atau mungkin seringkali saya merasa tidak percaya diri. Saya merasa orang-orang di sekeliling saya selalu lebih dan saya selalu kurang. Saya merasa saya tidak bisa berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. Saya merasa tidak bisa mengambil keputusan dengan mudah. Saya merasa tidak mampu.

Sebaliknya, di saat pikiran tentang “saya tidak mampu” itu datang, saya justru menentangnya. Saya berkeyakinan bahwa saya sudah berada di jalan ini, jalan yang telah saya pilih, tepatnya jalan yang telah diberikan dan disetujui oleh Tuhan agar saya melewatinya. Bukankah itu berarti Tuhan percaya saya mampu?

Hingga suatu hari saya tidak sengaja membaca sebuah buku yang isinya dapat menjawab pertanyaan saya ini. Dalam buku itu bertuliskan “Setiap sel otak kita memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga semua jenis pengetahuan sebenarnya bisa ditampung oleh otak kita. Jadi, dalam hal apa pun, tidak ada alasan tidak mampu.” Kalimat ini cukup memberi penerangan untuk pertanyaan “mampukah saya?”, saya jadi lebih yakin bahwa saya sebenarnya mampu.

Mungkin memang saya harus lebih percaya diri. Saya harus lebih konsentrasi. Saya harus lebih bisa bertindak, karena sebenarnya saya mampu! 🙂

Leave a Reply

