Posted in Self

#DearMe – Advice to my young self

Tulisan ini diinspirasi oleh Tiffany Alvord yang telah mengunggah videonya tentang #DearMe Advice to Young Tiffany (watch here). Right after watching it, I feel refreshed, I feel motivated and I feel good! 🙂

So, here I am, my version of #DearMe dalam bentuk tulisan. Just to keep me stay motivated and stay positive!

Dear me……

Ingat selalu kematian

Bukan berarti dengan mengingat kematian, kau tidak bisa menikmati hidup. Justru dengan mengingat kematian kau akan menjadi pribadi yang lebih memilki tujuan dalam hidup. Kau akan menjadi seseorang yang “biasa-biasa” saja, karena kau tahu semua hal di hidup ini, kebahagiaan, kesedihan, keberuntungan, kesialan, masalah, dan semuanya tidak ada yang abadi. Saat sedih, jangan jadikan semua hal di sekitarmu terlihat suram. Saat bahagia, lebih baik kau bagikan kebahagiaanmu, jangan sampai terbawa suasana gembira yang membuatmu sombong. Begitu juga di saat-saat lain, jadilah pribadi yang “biasa-biasa” saja, karena saat kau ingat mati, di sanalah kau akan ingat semua saat-saat itu tidak abadi. Sedih, senang, kecewa, bahagia, rasa sakit, semua akan hilang dan berganti pada waktunya.

Percaya dirilah!

Mungkin kau memang bukan seseorang yang dengan mudah show up di depan orang banyak. Kau bukan orang yang bisa dengan mudahnya berbicara di depan umum. Kau juga bukan tipe orang yang menawarkan diri untuk maju ke depan. Kau memang masih takut salah, kau takut dengan penilaian orang lain, atau entahlah, kau hanya tak ingin menjadi pusat perhatian. Tapi, ingatlah, percaya diri itu perlu. Kau harus belajar untuk percaya diri. Untuk menjadi dirimu sendiri. Setiap orang itu unik, setiap orang pasti punya kesalahan, setiap orang pasti punya penilaian masing-masing, jadi mengapa kau harus memikirkan orang lain di saat seharusnya yang kau pikirkan adalah dirimu sendiri. Orang tak akan peduli dengan proses yang kau jalani, orang akan selalu berkomentar, pun itu baik atau buruk. So, be confidence and be yourself!

Menjadi “asing” itu perlu

It’s okay to be strange. It’s okay to be not fit in. It’s okay to be different. It’s okay to stand alone. As long as you’re in the right path. Ikutilah selalu pedoman hidupmu, amalkanlah sunnah Rasul, jauhilah kemaksiatan yang dibenci Allah, gantungkan selalu hatimu pada Sang Pencipta. Boleh jadi, kau merasa sulit, kau merasa asing dan tidak ada seseorang pun di sekitarmu. Namun, yakinlah, apabila kau berada di jalan benar, kau sebenernya tidak pernah sendiri. Selalu ada Allah yang siap membantumu, yang siap mengangkatmu saat kau jatuh, yang siap mendengarkan keluhanmu saat kau bersedih, yang siap untuk segalanya dan yang pasti siap untuk bertemu denganmu di surgaNya. Bukankah Allah pemilik segalanya? Saat kau yakin, maka kau siap untuk menjadi “asing”

Kebahagiaan itu dibuat bukan dicari

Jangan pernah mencari bahagia karena kau tak akan pernah menemukannya. Namun, buatlah bahagia itu karena bahagia sudah ada pada dirimu. Tidak usah kau bandingkan milikmu dengan orang lain, karena dengan pembandingan kau justru lebih banyak mengeluh dan kurang bersyukur.

Kehidupan itu menyakitkan, but that’s okay

Ada kalanya kau merasa jatuh terperosok ke palung terdalam. Ada kalanya sakit hati itu menusuk jiwa dan mengoyak raga. Ada kalanya kau kecewa dengan skenario hidupmu. Ada kalanya rasa sedih itu menghabiskan air matamu. Namun, memang itulah hidup. Kau tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi keesokan hari. Bahkan kau tidak akan tahu kejadian apa yang akan terjadi sedetik kemudian. Hidup ini bukan tempat istirahat, hidup ini bukan tempat bersenang-senang, hidup ini akan ada akhir. Hidup ini justru tempat kau belajar, tempat kau berjuang, tempat kau berpetualang untuk membawa bekal terbaik saat kau pulang nanti. Wajar bila kau merasa sakit, karena dari rasa sakit itulah kau justru belajar untuk menjadi pribadi yang makin tegar. Menjadi pribadi yang makin kuat.

Dan yang terakhir

Ikhlas dan bersabarlah, dibarengi dengan selalu bersyukur dan tetap berjuang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s