Posted in Islam, Sharing

Untuk Apa Media Sosialku?

Diri ini dikejutkan dengan berita kematian seseorang yang saya follow akun instagramnya. Saya tak mengenal orang tersebut, namun saya menyukai postingan beliau yang selalu memberikan pesan-pesan yang bermanfaat. Sungguh rasanya tak percaya melihat postingan terbarunya (yang di post oleh adiknya) mengabarkan bahwa si pemilik akun instagram itu telah “pulang”.  Postingan gambar yang bertuliskan — Kata ‘pulang’ selalu terdengar lebih indah daripada ‘pergi’, tertapi kita harus pergi untuk bisa pulang —- disebutkan merupakan profile picture beliau di akun bbm nya. Kemudian mata ini tertuju kepada bagian komentar di mana banyak akun yang berkomentar turut berduka cita, menuliskan innalillahi wa inna ilaihi roji’un,  mendoakan beliau, dan sebanyak 100 lebih komentar itu tidak ada komentar yang negatif. Aku pun meski tak ikut berkomentar ikut merasakan kesedihan yang mendalam dan ikut mendoakan beliau semoga dengan pesan-pesan yang bermanfaat yang disebarkan melalui akun instagram dirinya dapat melapangkan dirinya di alam kubur dan mengantarkan dirinya ke surga kelak

Masih dalam keadaan yang tidak percaya, pikiranku menerawang lebih dalam menuju ke dalam diriku sendiri. Menanyakan apa yang selama ini telah aku lakukan di media sosial. Apakah media sosialku memberikan manfaat atau hanya sekadar memperbanyak akun agar terlihat gaul. Apakah hanya sebagai tempat berkeluh kesah diriku. Apakah media sosialku dapat menjadi sarana yang mengirimkanku ke surga atau justru mendorongku ke neraka. Dan pertanyaaan yang paling penting adalah apakah saat aku “pulang” nanti, media sosial ini dapat meninggalkan kebermanfaatan atau hanya menjadi laman berdebu dengan kenangan hampa?

“Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan (yang ada di tangan Malaikat). Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis.” (QS. Qomar: 52-53)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s