Posted in college, dream, experience, medicine, Sharing

Japan, InsyaAllah I’m Coming!

Pernahkah kalian merasa tangan dan kaki kalian dingin? Jantung kalian berdegup kencang? Kapankah itu? Saat ingin tampil di depan publik? Saat ingin ujian?

Kali ini aku merasakan semua itu saat mendapat kabar gembira. Detak jantungku meningkat, kaki dan tanganku merasakan dingin yang hebat. Semua ini berawal dari satu notifikasi email di handphoneku. Email dari AIESEC UGM, demi melihat AIESEC aku langsung mengklik tombol notifikasi tersebut dan membuka email tersebut.

Terlihat subjek email tersebut bertuliskan EISAI Project Final Selection.

Aku masih merasa biasa saja hingga mataku mengikuti kata yang tercetak merah bertuliskan “CONGRATULATIONS” dengan tambahan kalimat hitam di bawahnya “TOKYO IS WAITING FOR YOU” Aku berhenti membaca, mencoba memahami maksud tulisan tersebut, membiarkan otakku memproses semua informasi visual itu. Akhirnya aku putuskan untuk melanjutkan membaca email tersebut sampai habis.

125239

Sebenarnya otakku sudah berhasil mencerna isi email tersebut. Sebuah kabar gembira. Namun, aku masih tidak percaya. Rasanya tidak mungkin. Aku baca ulang lagi email tersebut. Kemudian aku segera menghubungi temanku, mengirimkan screenshot email yang aku terima, menanyakan maksud email tersebut, menanyakan bahwa semua ini bukan mimpi, memastikan bahwa memang aku lolos dan terpilih menjadi peserta intership Eisai project. Tak lupa aku juga membuka chat grup keluargaku, mengirimkan screenshot. “Itu apa mbak?” bapakku membalas chat tersebut. Saat aku ingin mengetik dan menjelaskan singkat tentang program tersebut, orangtuaku langsung menelpon. Hingga kujelaskan secara langsung tentang program tersebut via telepon. Bahkan aku belum sempat memberi tahu keluargaku bahwa aku mengikuti seleksi program tersebut, aku hanya baru memberi tahu kakakku saat aku lulus menuju tahap wawancara, untuk menanyakan tips-tips yang seharusnya dilakukan saat wawancara karena aku tahu kakakku seseorang yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Proses seleksi Eisai tersebut bisa dibilang singkat, pertama aku diharuskan mengirimkan CV dan aku mengirimkan CV tersebut di hari deadline yaitu 12 Juni, tepatnya pukul 3:44 sore. Setelah itu aku mendapatkan email balasan dan disuruh mengisi form Statement for Purpose serta format CV lagi dengan deadline tanggal 14 Juni. Kemudian dilanjutkan dengan seleksi selanjutnya yaitu tahap wawancara langsung tanggal 18 Juni, namun karena aku sedang tidak berada di Jogja aku melakukan wawancara lewat skype. Setelah proses wawancara aku benar-benar merasa ruined and shame, aku merasa tidak memberikan yang terbaik. Hingga aku pasrah dan berharap setidaknya aku lulus dan pergi ke Jakarta pun sudah cukup menjadi pengalaman yang berharga bagiku.

Namun, kehendak Allah berkata lain. Aku justru diberikan kesempatan yang sungguh tak bisa aku percaya. Bahkan saat mengetik ini pun aku masih bertanya-tanya apakah semua ini nyata? Apakah semua ini benar? Apakah semua ini bukan mimpi? Aku diberikan kesempatan untuk bisa pergi ke negara yang sudah aku impikan sejak lama. Aku ingat sekali betapa aku menyukai bunga Sakura kemudian suatu hari aku mengepost gambar bunga Sakura dengan menuliskan kalimat di bawahnya. “Seeing cherry blossom give me my own pleasure. Hope to see it for real. InsyaAllah.” Dan teman-teman tutorialku bertanya, “San, mau ke Jepang ya? Oleh-oleh ya” Dan aku hanya menjawab “Hahaha ga kok, doain aja ya nanti suatu saat bisa ke Jepang”

And……. BAM! It’s a dream come true. Semua ini benar-benar sebuah keajaiban. Sebuah keajaiban yang sangat aku syukuri. Rasanya aku ingin menangis, namun tak bisa. Aku membiarkan rasa gembira itu memancar dan mengambil alih kedua bibirku untuk terus tersenyum. Aku segera menunaikan solat Zuhur (karena memang saat itu sedang memasuki waktu Zuhur dan aku belum solat Zuhur) dan berterima kasih kepada Allah sebanyak-banyaknya. Meski aku ga tau bakal kesampean ngeliat bunga Sakura atau ga, pun kalo ga bisa ngeliat bunga sakura, pohon sakuranya aja udah lebih dari cukup. Bisa pergi ke Jepang aja udah nikmat yang rasanya kayak mukjizat banget deh.

Namun, di sisi lain selain rasa bahagia dan perasaan excited ini ada rasa lainnya yang muncul. Rasa cemas, takut, ragu dan khawatir. Alhamdulillah, dukungan dan semangat itu selalu ada, baik dari my mind-control dan dari orang-orang terdekatku (tons of thankful notes is not enough to express how I feel grateful to have you and your support. But still, I want to say thanks and let God pay for your kindness). Keyakinanku juga senantiasa datang, bahwa Allah memberikan kesempatan ini kepadaku karena Allah yakin aku bisa melewatinya, jadi seharusnya aku yakin pada diriku sendiri. “You should be confidence with yourself!!!” Sempat terpikirkan juga bahwa bisa saja ini adalah ujian yang diberikan kepadaku, bagaimana aku tetap menjadi seorang muslim di tengah tanggung jawab dan amanah yang saat ini diberikan kepadaku. Bagaimana aku tetap berpegang teguh pada tali agama Allah, dan bagaimana aku menyikapi semua pemberian ini sesuai dengan ajaran yang telah disampaikan Baginda Rasulullah Saw. Semoga aku diberikan niat yang ikhlas dan bisa lulus menjalani semua ujian ini serta tetap ingat dengan tujuan utama hidupku. Aamiin.

Poster pg 1

Aku berharap dengan mengikuti program ini, selain tentu saja mendapatkan pengalaman yang berharga, aku juga dapat menyerap ilmu yang diberikan sehingga aku dapat berbagi dan menerapkan ilmu tersebut sekembalinya aku ke Indonesia. Doakan juga semoga semua proses untuk keberangkatannya (masih harus ngurus berkas-berkas, perizinan, dan lain-lain) dilancarkan sehingga aku benar-benar bisa menginjakkan kakiku di bumi Allah bagian Jepang.

Yogyakarta, 22 Juni 2015. SRZ.

5 thoughts on “Japan, InsyaAllah I’m Coming!

  1. Alhamdulillah… . Allah said in Qur’an : “If you give thanks (by accepting Faith and worshipping none but Allâh), I will give you more (of My Blessings), but if you are thankless (i.e. disbelievers), verily! My Punishment is indeed severe.” (Ibrahim:7)

Leave a Reply

