Posted in menulis, Self

Tentang Zona Nyaman

Sebenarnya apa itu zona nyaman? Menurut pengertian yang saya buat sendiri zona nyaman adalah zona di mana seseorang sudah terbiasa dengan kegiatan atau apapun yang ada di dalamnya sehingga dia merasa nyaman dan tidak ingin berpindah/bergerak. Zona nyaman ini sebenernya emang nyaman, ya iyalah namanya juga zona nyaman. Hahaha maafkan ketidak jelasan ini. Baik, lanjutkan.

Zona nyaman berhasil membuat saya tidak ingin bergerak dan membuat saya menutup mata dari zona-zona yang lain terutama dengan tantangan-tantangan baru. Saya nyaman dengan zona nyaman saya, saya tidak ingin keluar dari zona ini dan yang saya tahu saya aman berada di sini. Di jalan yang memang sudah ditentukan, oleh zona nyaman saya sendiri.

Bahayanya zona ini terus menggali lubang lebih dalam, sehingga membuat saya lebih jauh dari permukaan, membuat saya lebih jarang terpapar sinar matahari, membuat saya makin ke dalam dan tidak ingin memanjat keluar dari zona nyaman ini. Padahal hidup tidak hanya tentang zona nyaman. Hidup justru lebih tentang usaha dan pergerakan untuk terus menjadi lebih baik. Hidup itu tentang kebermanfaatan untuk orang lain. Bukan hanya diam pada satu titik tempat di mana saya merasa nyaman.

Hal ini sedang terjadi pada saya. Saya sudah terlanjur berada pada palung yang dalam dari zona nyaman saya. Sehingga, saat saya ingin mulai memanjat, perasaan yang muncul justru perasaan negatif. Takut. Cemas. Was-was. Khawatir. Bingung. Malas. Untuk sekadar melihat keluar, melihat cahaya matahari, zona nyaman ini terus menghalangiku. Membuatku terkapar lemah di dalamnya.

Mungkin saat inilah saya seharusnya mengumpulkan semua energi positif itu. Energi positif untuk pergerakan yang lebih baik. Rasa berani, percaya diri, kuat, tangguh dan semangat. Untuk keluar dari zona nyaman saya. Mengenal zona-zona lain yang tentunya ada. Mungkin zona pergerakan, zona perjuangan, atau zona kebermanfaatan.

Leave a Reply

