Posted in college, fakultas kedokteran, feeling, Islam

Semangat PH KaLAM! :)

Salah satu escape saya dari bosannya membuka hsc selalu begitu-begitu saja. Menonton video di youtube, menonton film, guling-gulingan di kasur, dan tidur. Biasanya setelah melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, saya justru terinspirasi untuk menulis sesuatu. Sama halnya dalam postingan kali ini terinspirasi setelah saya bosan membaca materi kuliah, akhirnya saya memutuskan membuka file video yang ada di laptop dan double klik salah satu video yang berjudul Special Project 2015. Sebuah persembahan video dari staf KaLAM 1436 H. Sepertinya saya jarang sekali menceritakan tentang keluarga spesial saya satu ini, padahal saya sudah tidak menjabat lagi di sana. Jadi KaLAM dengan kepanjangannya Keluarga Muslim Cendikia Medika adalah salah satu lembaga dakwah fakultas di UGM, tepatnya di Fakultas Kedokteran.

Entah kenapa saya waktu itu sempat diberikan amanah menjadi salah satu pengurus harian KaLAM, padahal bila berbicara tentang kualitas diri, sungguh saya tidak berkualitas sama sekali. Saya bukan sok merendahkan diri, tetapi memang kenyataan. Namun, bila menunggu diri ini berkualitas maka kapan saya akan mulai untuk melangkah di jalan ini. Oleh karena itu, dengan ketidaksempurnaan saya dan rendahnya kualitas diri saya, saya putuskan untuk mencoba, saya putuskan untuk berani menjejakkan kaki di jalan ini. Singkat cerita selama tahun kedua di masa perkuliahan saya, dan itu berarti sudah setahun yang lalu, saya menghabiskan waktu saya untuk akademik dan untuk KaLAM #eaaaaa

Lanjut ke inti postingan ini, saya ingin membicarakan tentang persembahan video. Persembahan video itu pertama kali ditayangkan di Mubes KaLAM 1436 H, tepat di mana masa kepengurusan saya berakhir dan digantikan dengan bibit-bibit yang baru. Saat itu saya baru saja masuk setelah kabur sebentar keluar ruangan dari lelahnya mendengarkan musyawarah tentang amandemen AD ART. Maaf atas kebejatan saya, teman-teman. Nah, saat saya masuk Alhamdulillah musyawarahnya telah selesai dan lanjut ke agenda selanjutnya. Tiba-tiba lampu ruangan dimatikan dan layar di depan kelas, yang biasa digunakan dosen untuk menampilkan slide presentasinya berubah menjadi gelap ditemani iringan nada dengan tampilan kata pertama “Agustus 2014…” Videonya sungguh sangat menyentuh hati, hingga saya berhasil meneteskan air mata dan menangis menyandarkan diri ke teman duduk sebelah saya. Mayoritas akhwat yang hadir juga nangis kok, terlihat dari sembab mata saat lampu dinyalakan kembali.

Kali ini saya menonton itu di perpustakaan, menggunakan headset. Lagi-lagi hati saya terenyuh dengan setiap kata-kata yang ada. Dengan setiap ilustrasi sederhana yang digambar langsung oleh salah satu staf kalam. Dengan pilihan soundtrack yang sangat cocok. Video itu mengingatkan saya, tentang masa-masa perjuangan dulu, meski sekarang saya juga masih tetap harus berjuang dengan jalan yang lain. Menonton ulang video itu berhasil membuat glandula lakrimalis saya memproduksi air matanya, meski tidak menetes sebanyak saat saya menonton video itu pertama kali saat mubes. Mungkin kalo sendiri, nangis tumpah-tumpah, ini kan di perpus ntar dikirain orang kenapa lagi. Hehe

I just wanna say much thanks to staf kalam 1436 H yang sudah membuat video #specialproject itu. It means a lot. Really. Sekarang kalian sudah tumbuh besar. Kalian telah menjadi tangan-tangan yang akan menumbuhkan dan merawat bibit-bibit baru. Kalian tengah menjalani amanah untuk membawa KaLAM lebih baik. Membawa lingkungan FK semakin islami. I’m sure it will never be easy, cause I used to walk there too. Saya yakin akan selalu muncul masalah, konflik, masa-masa futur, masa-masa yang melelahkan, masa-masa ingin lepas tanggung jawab, ingin melepas amanah, masa-masa ingin left group saja, dan masa-masa tidak menyenangkan lainnya. Namun, ingatlah bahwa kalian memang sedang berjalan di jalan dakwah, jalan yang tidak akan pernah mudah, jalan yang tidak banyak dipilih orang, dan yakinlah bahwa jalan yang kalian ambil adalah jalan yang benar yang akan mengantarkan kalian pada tujuan akhir dengan selamat. InsyaAllah.

Jalani saja. Hadapi saja semua masalah yang ada. InsyaAllah semua terselesaikan. Mungkin saat ini waktu terasa lama sekali berlalu, seakan beban di pundak semakin menumpuk, tak pernah hilang. Namun, suatu saat kalian akan berkata “tidak terasa ya, sudah setahun saja berlalu” Dan masa-masa kalian berakhir. Kenangan tercipta. Semuanya justru menjadi hal yang dirindukan. Saat satu tahun itu berakhir, bibit-bibit baru yang sudah kalian rawat lah yang akan menggantikan kalian. Tetap semangat PH KaLAM 1437 H 🙂 Semua akan berakhir pada waktunya, meski kita semua tau bahwa perjuangan di jalan ini tak akan pernah berakhir hingga ajal menjemput.

Oh ya videonya bisa ditonton di sini

Leave a Reply

