Posted in Self, Sharing, Uncategorized

Mencari Solusi dengan Interaksi

Menurut beberapa hasil tes kepribadian, saya ini termasuk ke kategori seseorang yang introvert. Yang katanya introvert itu cenderung lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk kegiatan soliter, seperti membaca, menulis, menggunakan komputer, serta lebih menyukai berada dalam kesunyian atau tempat tenang. Mereka analitis sebelum berbicara, merasa kurang nyaman karena terlalu banyak pertemuan dan keterlibatan sosial,  lebih senang bekerja sendirian, serta lebih suka berinteraksi secara 1 on 1 interaction. Keunggulan dari tipe kepribadian ini adalah mereka berpikir dulu sebelum berbicara atau melakukan sesuatu, mereka adalah pendengar yang baik, dan bersikap analitis. [1]

Beberapa hal tersebut mungkin benar adanya, saya memang tipe orang yang lebih banyak berpikir dulu sebelum berbicara, menikmati me time baik dengan membaca, menulis ga jelas (seharusnya kalo sekarang dipake buat nulis skripsi, bisa selesai banyak nih), nonton, jalan, naik sepeda (macem-macem deh, pokoknya kalo lagi menikmati me time bisa ngapain aja tergantung mood). Namun bukan berarti lantas saya tidak suka berdiskusi dengan orang lain, meski tidak memungkiri saya lebih suka berdiskusi dalam kelompok kecil (bisa 1 on 1 interaction, atau hanya 3-5 orang). Saya menikmati saling berbagi pemikiran dengan orang lain, mendengarkan pendapat orang lain karena otomatis akan membuka pemikiran saya lebih luas lagi, pemahaman saya lebih dalam dan mengerti bahwa ternyata memang ada kenyataan lain yang selama ini hanya bisa saya liat di TV, buku, atau drama. Selain itu, bila di atas disebutkan juga bahwa introvert adalah seseorang yang merasa kurang nyaman karena terlalu banyak pertemuan dan keterlibatan sosial,. Kalo ini saya justru kurang setuju. Saya termasuk tipe orang yang menikmati acara pertemuan dan menikmati keterlibatan sosial (sayangnya manajemen waktu saya belum baik, mau ikut banyak kegiatan sosial malah keteteran). Mungkin karena saya orangnya mudah cepat bosan jadinya pengen ikut banyak hal dan selalu mencari hal-hal baru buat dicoba sekalipun harus keluar dari zona nyaman. Dengan kata lain, kalo ada challenge ya di accept dulu. Challenge-accepted-type-person gitu ceritanya. hehe

Duh, makin meluas kan pembahasannya. Padahal tadi mau bahas topik yang udah ditulis di judulnya. Oke ini mulai bahas topiknya deh. Kalo ngomongin masalah pasti erat kaitannya dengan solusi dan Allah juga memberi masalah pasti sekaligus dengan solusinya. Jadi kalo ada masalah, tenang aja, karena kenapa? Karena pasti ada solusinya! 🙂 Tapi tenangnya juga bukan tenang terus diem aja sih, ya harus gerak juga buat cari solusinya. Doa sih pasti, tapi kalo doa aja tanpa usaha sama aja sia-sia. Kalo kata Nouman Ali Khan, sukses itu kombinasi dari 2 hal : usaha kita dan pertolongan/berkah Allah. Jadi kalo ngerasa belum sukses mungkin salah satu faktor ada yang ga lengkap, bisa usaha kurang maksimal atau usaha kita udah maksimal banget tapi ternyata Allah ga memberkahi karena Allah tau itu yg terbaik buat kita. Bisa berlaku juga buat mencari solusi nih, kalo emang masalahnya belum terselesaikan, coba di cari solusi yang lain.

Solusi itu bisa dateng dari mana aja, kalo ada masalah, manusia cenderung langsung berusaha mikirin solusinya, ya walaupun ada fase sedih/kecewa/marah/kesel /dll karena ada masalah. Tapi pada akhirnya otak akan langsung mikir buat cari solusi. Berinteraksi dengan orang lain itu bisa bantuin otak kita buat cari solusi. Sebenernya banyak sih tempat mencari pencerahan, tapi cobain deh diskusi sama orang lain. Kalopun emang ga membantu memecahkan masalah, setidaknya selalu ada hal yang bisa didapatkan dari diskusi. Selamat berdiskusi dan berinteraksi!

Referensi

  1. http://psikologid.com/introvert-ekstrovert-dan-ambievert/
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s