How to keep caring in this selfish world?

How to keep caring in this selfish world?

Aku menulis kalimat tersebut di buku catatan kuliahku setelah kuliah berakhir. Emang random banget dan ga ada nyambung-nyambungnya dengan topik kuliah. Entah kenapa, pertanyaan itu muncul. Aku berpikir tentang bagaimana tetap peduli di dunia yang sangat egois ini? Apakah bisa orang tetap peduli di tengah keegoisan orang lain? Bila memang bisa, apakah ada orang yang tetap istiqomah untuk selalu peduli meski orang lain tak pernah mempedulikannya?

“Dunia ini tempatnya kecewa”

Mungkin setelah membaca kalimat tersebut yang berhasil membuatku berpikir tentang kepedulian. Mungkin juga karena aku pernah merasa kecewa setelah peduli terhadap orang lain. Intinya waktu itu aku (sok) peduli sama orang lain, namun ternyata orang lain itu bahkan ga peduli sama dirinya sendiri, ga ada rasa terima kasih karena udah dipeduliin, apalagi mau balik peduli. Yang ada, dia malah egois, cuma peduli sama urusannya sendiri. Jadinya aku malah kecewa karena udah peduli dengan dia. Terus aku  jadi mikir kalo tau kayak gini, mending aku egois aja, ga usah (sok) peduli, ga usah (sok) baik. Lebih baik pikirin diri sendiri aja. (Duh malah jadi curhat)

Tapi hati kecilku yang lain ga sepaham. Bilang kalo aku seharusnya tetep bisa peduli. Makanya aku bingung gimana caranya bisa tetep peduli di tengah keegoisan orang lain. Yang lebih penting lagi gimana biar ga kecewa karena udah peduli dengan orang lain.

Alhamdulillah dapet pencerahan setelah nonton video Ustad Nouman Ali Khan yang ini (bisa diklik link videonya). Kalo menurut pemahamanku selama ini, kecewa itu muncul karena harapan kita ga sesuai dengan kenyataan. Berarti biar ga kecewa gampang dong. Ga usah berharap aja. Nah menurutku ini juga ga bener, karena harapan itu bisa jadi sumber kekuatan manusia.

Hmm, terus kenapa Allah bikin rasa kecewa itu ada? Karena ternyata Allah cemburu. Allah cemburu sama kita yang udah berharap tapi berharapnya bukan ke Allah, tapi malah ke manusia. Allah juga cemburu sama orang yang ngelakuin sesuatu niatnya bukan karena Allah, tapi karena pengen dapet hal lain. Ini teori dapetnya setelah nonton video tadi. Yang jleb banget itu kalimat ini nih

Don’t tie your contribution to expectation. If you wanna have expectations, have them with Allah.”

Jangan hubungkan kontribusimu dengan harapan/ekspektasi, jika kamu ingin berharap maka berharaplah kepada Allah. Emang bener sih, aku ngerasa kecewa karena berharap dengan orang lain. Aku berharap orang lain itu juga balik peduli.

Jadi sebagai jawaban dari pertanyaan diri sendiri yang pada akhirnya dengan beberapa petunjuk  dijawab oleh diri sendiri juga, aku tau gimana tetep peduli di tengah keegoisan. Pedulilah bukan karena ingin orang lain juga balas peduli dan bukan pula karena ingin dipedulikan orang lain.  Pedulilah karena Allah, karena kau tau Allah akan selalu membalas tindakan kepedulianmu. Pedulilah karena pedulimu adalah untuk dirimu sendiri, karena pedulimu bisa menyelamatkanmu di hari perhitungan nanti. Pedulilah untuk mencapai kemenanganmu.

Well, prakteknya emang ga segampang teori sih, tapi bukan berarti gabisa dilakuin. Yang pasti doa sama Allah biar kalo kita ngelakuin sesuatu niatnya selalu karena Allah dan kalo kita berharap sesuatu, berharapnya juga ke Allah. Nah kalo ternyata kita kecewa, itu berarti Allah lagi ngingetin kita kalo Allah cemburu dan biar kita balik lagi ke Allah. Biar kita benerin niat kita dan benerin harapan kita.

Advertisements

2 thoughts on “How to keep caring in this selfish world?

  1. Rissaid September 30, 2016 / 11:36 am

    Seringkali luka adalah ekspetasi yang berlebihan 🙂

  2. Isnaini September 30, 2016 / 3:06 pm

    (^^)b
    expect nothing from the people..
    yang diharapkan dan yang mengharapkan sama-sama lemah.. 🙂

    semoga dimudahkan ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s